Susah Tidur? Ini penyebabnya

Baca Juga


Setelah kita melewati aktivitas yang sangat padat maka seseorang akan merasa lelah. Ketika seseorang merasa lelah maka otak merespon dan peka, menyuruh kita supaya beristirahat. Istirahat dari segala aktivitas dan mencoba menutup mata lalu tidur dengan nyaman.

Matahari terbenam, mata juga mulai ingin ikut terbenam bersama matahari. Hari gelap datang dan itulah saatnya manusia tidur untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Dari situ kita mengetahui bahwa ketika gelap datang maka solusi terbaiknya adalah tidur, bukan malah melawan gelap hingga muncul fajar. Sebuah Cahaya akan muncul kembali di kemudian hari.

Apa artinya? artinya ketika kita mempunyai masalah hidup kadang kita perlu santai dan tidak perlu selalu memikirkannya karena solusi pasti akan ada datang menghampiri.

Tidur adalah keadaan istirahat kebanyakan mahkluk hidup. Tidur dapat membuat jiwa dan raga seseorang menjadi fresh kembali. Tidur membawa kembali energi yang entah dari mana datangnya, yang pasti itu dari Yang Maha Kuasa.

Namun bagaimanakah ketika seseorang mengalami kesulitan untuk tidur (insomnia)? tentu itu dapat menjadi sebuah masalah. Mari kita cari tahu apa penyebab orang susah tidur.


1. Terlalu Sering Memainkan Gadget



Gadget, Hp, atau android merupakan barang yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan saat ini. Android sangat berperan banyak dalam membantu aktivitas. Hadirnya android membawa banyak pengaruh positif.

Namun walaupun begitu gadget/android dapat juga membawa banyak pengaruh negatif. Diantara pengaruh negatif tersebut adalah menyebabkan seseorang susah tidur.

Adanya gadget di genggaman tangan dapat mengalahkan rasa kantuk. Rasa kantuk seakan lenyap ketika mata melihat android, tapi android yang ada paket internetnya.

Apalagi jika kalian pemain game, jangan heran jika kalian susah tidur itu semua karena android yang anda miliki. Saat main game sering kali mengabaikan rasa kantuk karena serunya permainan, Push Rank. Jika kalah ingin main lagi supaya menang dan jika menang ingin main lagi karena sensasi kemenangan sangat menggembirakan.

Namun perlu disadari bahwa hal itu tidak baik bagi kesehatan salah satunya menjadi susah tidur. Jika kalian mengalami keluhan susah tidur maka sudah saatnya anda mengurangi kebersamaan anda dengan android.


2. Terlalu Sering Meminum kopi


Ketika malam tiba, memang hadirnya kopi sungguh istimewa. Kopi menambah hangatnya suasana, apalagi saat malam tiba. kopi menemani kita saat kesepian. Sebuah malam menjadi nyaman dengan hadirnya senyuman ketika kopi disajikan.

Namun kita menyadari bahwa kopi mengandung kafein. Kafein jika terlalu banyak dikonsumsi makan akan menimbulkan efek tidak baik pada kesehatan. Salah satu efek dari berlebihannya konsumsi kafein adalah mengalami gangguan tidur seperti susah tidur dan kurang nyenyaknya tidur.

Dilansir dari Medical News Today, Prof. Drake, seorang investigator di Henry Ford Sleep Disorders and Research Center, mengatakan bahwa Anda juga sebaiknya menghindari kafein setelah jam 5 sore jika Anda ingin mendapatkan tidur malam yang baik.

Jadi ketika anda mengalami susah tidur maka cek dulu apakah anda penikmat kopi atau bukan?. jika kalian penikmat kopi maka batasi tidak mengkonsumsi kafein lebih dari 300-400 mg atau dengan hanya mengkonsumsi kopi 3-4 cangkir sehari.  

3. Sering Gadang


Ada yang suka bergadang? bergadang boleh saja asal ada kopinya, hehe. Begadang boleh saja asal ada artinya. Bergadang memang sebuah kegiatan yang seru, jika bergadangnya banyakan. Cerita menarik sering tercipta saat bergadang, apalagi di pos ronda.

Namun keseringan gadang membawa efek serius bagi kesehatan salah satunya susah tidur (insomnia). Sering gadang dapat membuat susah tidur karena tubuh menjadi terbiasa. Tubuh menjadi terbiasa untuk tidur larut malam dan menolak untuk tidur awal malam.

4. Tidur Sore

Sore merupakan waktu dimana tenaga kita sudah habis terkuras banyak. Sore merupakan dimana berakhirnya kebanyakan aktivitas-aktivitas seseorang. Jadi hal itulah yang menjadi alasan banyak orang yang tidur di sore hari.

Sudah banyak peneltian tentang tidur sore. Dari hasil penelitian banyak yang menyimpulkan bahwa tidur sore membawa banyak dampak negatif diantara meningkatnya kolestrol, daya ingat menurun, meningkatkan kolestrol, meningkatkan resiko diabetes, badan terasa lemas, sakit kepala dan susah tidur

kenapa susah tidur? karena ketika kita tidur sore maka saat malam hari kita akan sulit mengantuk karena kita baru saja mencharge badan kita sore hari. Jadi saat malam harinya kita akan mengalami kesulitan tidur

Itulah beberapa penyebab susah tidur (insomnia) menurut Foraca. Usahakan hindari hal hal di atas ya sebelum kalian merasakan rasanya ketika kalian ingin tidur namun susah untuk melakukannya.


Artikel lainnya :

Sering Makan Pedas? Kuatkan Lambungmu dengan ini!

Inilah yang Tidak diketahui Banyak Orang Supaya Kita Sehat.

Hal Menarik Orang yang Suka Minum Kopi

0 komentar:

Post a Comment