Rencana Presiden Jokowi memindahkan ibukota negara Haruskah?



Rencana Presiden Jokowi memindahkan ibukota negara dengan berbagai pertimbangan tentu sah -sah saja.
.
Wacana ini juga sudah ada dari para presiden sebelumnya.
.
Ini terkait dengan tata ruang, pemerataan daerah, dan berbagai pertimbangan lainnya.
.
Yang  jadi pertanyaan, apakah memindahkan Ibukota dengan estimasi  biaya sangat besar yaitu  466 triliun itu adalah hal paling penting untuk dieksekusi sekarang?
.
Sementara Pembiayaan utamanya sudah pasti akan kembali mengandalkan utang yang akan semakin membebani keuangan negara yang sekarang terus minus dan akan membayar bunga utang yang semakin naik tiap tahunnya.
.
Tahun 2013 lalu kita membayar bunga utang sebesar 113,24 triliun tapi sekarang sudah jadi sebesar 275 triliun setahun, dan sudah pasti bunga itu akan naik lagi seiring dengan hutang kita yang semakin bertambah tiap tahunnya.
.
Bukankah beberapa tahun yang lalu Menteri  BUMN sempat berniat menjual gedung kementrian BUMN karena dianggap terlalu besar untuk jumlah pegawai kementriannya yang tidak terlalu banyak? Berarti sebenarnya masih ada opsi efektifitas dan efisiensi dibeberapa sisi kalau kita jeli.
.
Kita juga tentu tidak bisa bandingkan negara kita dengan negara lain yang kondisi  keuangannya bagus sehingga bebas saja ketika akan memindahkan Ibu kotanya.
.
Kita harus sadar bahwa sumber keuangan kita sekarang sangat terbatas opsinya, APBN tidak mencukupi, dana publik juga sudah banyak dipakai semisal dana haji dan lain lain.
.
Memeratakan Pembangunan tentu tidak harus dengan cara memindahkan Ibu Kota yang bukan tidak mungkin malah akan menimbulkan kecemburuan dari daerah lain dan berbagai masalah baru lainnya. Fokus saja bangun daerah-daerah yang pembangunannya belum merata itu. .

Kuncinya sekarang adalah efektifitas, efisiensi, tumbuhkan lapangan pekerjaan minim modal, berantas KKN sampai keakar-akarnya, dan kembali terapkan PASAL 33 UUD 1945 secara murni dan konsekuen, sebagai panduan resmi berekonomi  negara kita.
.
Dengan itulah kita akan bisa segera keluar dari semua keruwetan keuangan yang sangat membebani  ini.
.
 Bukan begitu teman-teman?

0 komentar:

Post a Comment