Keunikan Orang Tipe Pemikir


Memang sebuah perbedaan dalam hidup memiliki hal menarik. Sebuah perbedaan menghiasi hidup layaknya pelangi yang indah karena warna-warni.

Begitu juga dengan karakteristik seseorang, ada yang perasa dan ada juga yang pemikir. Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangn masing-masing, intinya keduanya saling melengkapi.

Seseorang bisa disebut pemikir atau perasa namun seseorang tidak mampu menjadi seorang tipe pemikir/perasa 100%. Seseorang mempunyai takaran masing-masing dalam tipe pemikir dan perasa. 

Intinya semua orang punya keduanya, hanya berbeda takarannya saja antara (persentase) masing-masing orang. Ada yang lebih besar tipe pemikirnya, atau sebaliknya.

Pemikir dan Perasa merupakan suatu dimensi dalam indikator tes kepribadian yang ada dalam tes kepribadian MBTI (Myerss brigg Type Indicator). Tipe pemikir dan perasa erat kaitannya dengan cara pengambilan keputusan seseorang.

Nah sekarang kali ini Foraca ingin berbagi informasi tentang pemikir yaitu 'apa sih keunikan orang tipe pemikir?'.


Tipe Pemikir

Tipe pemikir adalah seseorang yang mengedepankan logika untuk segala sesuatu. Inti dari seorang pemikir adalah 'masalah lalu solusi'

Jadi tipe pemikir kadang selalu terus terang akan segala sesuatu walau kadang juga kata-katanya tajam karena sesuai dengan fakta menurut dia. 

tipe pemikir kebanyakan adalah kaum pria. Karena kaum pria merupakan pemimpin yang harus cepat dalam mencari sebuah solusi.

Fakta unik tipe pemikir

1. Simple 


Tidak diragukan kesimplelan seorang tipe pemikir. Tipe pemikir tidak mengambil pusing sebuah masalah. 

Misalnya saja ketika tipe pemikir ingin membeli suatu barang di toko (Topi, baju, dll) lalu dia menemukan model yang cocok namun warnanya tidak cocok menurutnya dan warna kesukaannya sedang kosong, apa yang akan tipe pemikir lakukan?. 

tipe pemikir akan bilang "yaudah gak apa-apa yang ini aja kang" intinya dia yang penting kebutuhannya terpenuhi. Yang sering terjadi pada tipe pemikir yaitu simple.

2. Memikirkan dan Melakukan Sesuatu Dengan Cepat Untuk Masa Depan.


Tipe pimikir adalah tipe yang mampu menunda dulu sedihnya. Tipe pemikir kadang disebut juga seorang yang kuat karena karakternya dan mentalnya yang mantap saat menghadapi masalah.  

Contohnya saja bila terjadi kebakaran, orang tipe pemikir akan berusaha mati-matian memadamkan apinya dulu lalu bertanya "kenapa kebakaran ini terjadi?". 

Tipe pemikir mampu menahan dulu sedihnya, penasarannya untuk menyelesaikan dulu sebuah masalah yang terjadi walaupun misalkan yang kebakaran itu adalah rumahnya sendiri.

3. Sesuai Fakta dalam Mengambil Keputusan.


Tipe perasa sering menggunakan perasaannya saat mengambil keputusan. Misalnya karena kasihan, karena orangnya baik dll namun kadang seseorang itu terlihat baik di depan.

Berbeda dengan orang tipe perasa, pengambilan keputusan tipe pemikir sering berdasarkan fakta yang menurutnya benar. Dia tidak akan mengatasnakan kasihan, karena seseorang baik kepadanyalah dll. pengambilan keputusan tipe pemikir itu logis walau pun kadang disebut kejam juga.



0 komentar:

Post a Comment