Hidupmu itu Harus Penuh Motivasi

kehidupan manusia tak terlepas dari berbagai peristiwa, tantangan, rintangan, kesempatan dan pengalaman. Semua itu bisa di jadikan pelajaran setiap insan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. pengalaman adalah manusia terbaik yang mengajarkan banyak hal, sehinga seseorang tidak jatuh di lubang kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Beberapa orang mungkin pernah merasakan atu sedang menjalani fase kehidupan yang berat dan menyakitkan. hidup itu seperti drama, apalagi mereka yang kurang bersyukur,pasti akan menganggap bahwa kehidupan ini sebuah kutukan yang berat. padahal itu ujian dari Yang Maha Kuasa. 

1. Hidup ini Sederhana Jangan Dibikin Rumit

"Hidup itu sederhana, malahan kita yang selalu membuatnya rumit"

Makan, minum, tidur dan tidak lupa ibadah, sebenarnya hidup itu simple juga. Namun perlu diketahui ternyata pandangan kitalah yang menentukan arti hidup ini. 

Jika pandangan kita hidup itu tragedi, meguras emosi, tidak makan mati, banyak orang-orang yang berada yang membuat iri dan masih banyak lagi. Jika kita bepandangan demikian terhadap hidup ini, tentu hidup kita terasa berat sekali. 

Coba jika kita berpikir bahwa hidup ini menyenangkan. Dengan senyuman dapat membuat kita sanggup bejalan, dengan keikhlasan dapat membuat kita bertahan. Simple sekali bukan? tinggal kita percayakan kepada yang memegang kekuasaan langit dan bumi maka hidup ini akan terasa mudah untuk dijalani. 

Jadi sebenarnya yang membuat hidup rumit adalah hati kita yang berprasangka tidak baik tentang hidup ini. Jika hidup terasa sulit pasti dalam hati dan pikiran kita ada rasa khawatir menjalani hidup ini. Takut inilah, takut itulah, takut setan, takut ancaman dan lail lain.

48 : 8 = 6

Sebenarnya ada yang lebih mudah mengerjakan soal tersebut, yaitu dengan menyederhanakannya menjadi 12:2 = 6. Begitulah matematika bicara "jika susah maka sederhakan". 

Dari matematika itulah kita perlu belajar filosofi tentang hidup itu. ketika hidup kita susah, hidup kita rumit maka coba sederhanakan hidup kita agar lebih mudah.


2. Bahagia adalah Segalanya

Ada yang bilang uang adalah segalanya. tapi ternyata orang-orang mencari dan terus mencari uang itu untuk sebuah kebahagiaan. Jadi sebenarnya kenapa ada yang bilang uang adalah segalanya? itu karena banyak orang berpikir dengan uang dapat menghadirkan rasa bahagia. Namun ada saja yang tidak menyadari bahwa kebahagiaan tidak semua dapat dibeli.

Jadi sebenarnya bukan uangnya yang segalanya tapi kebahagianlah yang segalanya. Tidak semua materi dapat membuat nyaman hati. Malah kadang materi membuat hati iri dan dengki. 

Bahagia adalah sebuah perasaan yang diinginkan oleh semua orang. Ketika kita sedang bahagia maka hidup ini menjadi sangat berarti. Sungguh adil Yang Mengatur semua ini sehingga rasa bahagia itu dapat dirasakan oleh semua orang.

Namun ada syaratnya untuk mendapatkan kebahagiaan, Apakah itu? yaitu bersyukur. Siapapun kita, bagaimanapun keadaan kita jika ingin mendapatkan yang segalanya adalah dengan beryukur. Kita akan mendapatkan hal yang luar biasa ketika kita bersyukur, yaitu kebahagiaan.

Lha kok bersyukur? ya jelas, coba pikir saja sendiri. Ketika kita berpikir "Alhamdulillah meskipun aku tidak mempunyai banyak materi tapi aku sehat, aku masih bisa tidur dengan nyenyak" apa yang akan anda rasakan?. Begitupun sebaliknya, jika kita berpikir negatif maka apa yang akan anda rasakan?.

3. Hidup Bukan Soal Mencari Jati Diri 

"Hidup bukan soal mencari jati diri, tapi soal percaya diri".

Ada salah satu hal yang sudah diberikan oleh Yang Maha Kuasa, yaitu jati diri. Jadi sebenarnya kita semua mempunyai jati diri dan dengan jati diri itulah kita dapat dengan mudah melewati lika-liku hidup ini. 

Namun kenapa kita kadang kesulitan menghadapi hidup ini?. Ternyata permasalahannya adalah kita tidak mempercayai jati diri kita. Ketika kita tidak mempercayai jati diri kita, tidak mempercayai diri sendiri maka mungkin sekali hidup ini akan terasa sulit.

Jadi hidup ini sebenarnya bukan soal mencari jati diri, tapi mempercayai jati diri kita sendiri (percaya diri).


4 .Hidup Penuh Misteri

Banyak orang yang suka misteri walau kadang ketika misteri diketahui itu  tidak sesuai ekspetasi. Tapi tidak jarang juga sebuah misteri menghadirkan sebuah hal yang sesuai dihati. 

Ketika kita tidak terlalu berharap pada misteri yang akan terjadi, maka kita tidak akan sakit hati ketika mesteri itu tidak sesuai harapan.

Artinya kita lebih baik tidak terlalu berharap pada hidup ini yang penuh misteri, karena ketika berharap pada hidup ini lalu tidak susuai dengan harapan maka akan membuat sakit hati. 

Jadi yang perlu dilakukan adalah berharap kepada yang mengatur hidup yang penuh misteri  ini yaitu berharap kepada pemilik langit dan bumi. Jika begitu maka misteri-misteri apapun dalam hidup ini akan mudah diterima di hati. 

"Hidup ini penuh misteri. jika tidak ingin kecewa dengan hidup ini maka berharaplah pada yang mengatur hidup yang penuh misteri ini".


5. Ilmu Pengetahuan Buat Hidup Lebih Baik

Berbicara soal ilmu pengetahuan tentu ada kaitannya dengan belajar. Belajar, kadang kebanyakan seseorang tidak suka itu belajar. Belajar itu membosankan dan tidak menarik, itulah yang sering dikatakan sahabat Foraca di sekolah.

Namun sebenarnya mereka tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka pasti setiap hari itu belajar. Misalnya orang yang suka voly bilang tidak suka belajar, padahal voly sendiri itu mereka lalui dengan proses belajar namun bedanya saat voly dia belajar apa yang dia suka.

Ketika seseorang belajar apa yang dia suka maka hal tersebut tentu tidaklah membosankan. Lantas kenapa belajar di sekolah terasa sangat membosankan? berarti banyak murid yang tidak menyukai cara belajar di sekolah sehingga banyak ilmu yang tidak terkuasai.

Ilmu merupakan sebuah hal yang sangat penting. Ketika seseorang mempunyai ilmu dalam suatu bidang maka orang tersebut akan lebih mudah menjalaninya. Contoh, ketika ada seseorang mengetahui ilmu tentang cara memperbaiki ponsel maka dia akan lebih mudah memperbaiki ponsel yang rusak. 

Intinya dengan ilmu akan memudahkan hidup seseorang dan menambah berharganya seseorang.


6. Kehidupan Mengalir Seperti Air


"Air yang baik dan paling banyak manfaarnya adalah air yang terus bergerak"

Air adalah sumber kehidupan semua mahkluk hidup di bumi. keberadaannya sangat bermanfaat dan sangat dicari. Tidak mungkin seseorang dapat bertahan dengan nyaman ketika kekurangan air. 

Sebagaimana pentingnya air, air juga mengingatkan kepada kita sebagai manusia sebuah hal penting. Air mengingatkan kita jika ingin hidup kalian berarti seperti air maka teruslah bergerak. 

Air paling terkenal mengalami proses jatuh bangun beberapa kali. Mulai dari Jatuh dari langit menuju pemurkaan bumi lalu mengalir terus menuju tempat terendah, melewati irigasi, persawasahan dan lain-lain hingga sampailah air di lautan luas. 

Tidak ada yang memayungi air saat panas matahari menyengatnya di lautan. Namun dengan panas (kesulitan) itulah air dapat menjadi gas lalu terbang ke langit dan tidak berapa lama air sudah berada diatas. 

Sungguh tidak terduganya air yang selama ini selalu mengalir menuju tempat terendah kini ada di atas langit.

Maka dari itu jika kita ingin bermanfaat seperti air maka kita harus terus bergerak, entah itu bergerak raga ataupun pikiran. Ketika air menghadapi panasnya sinar matahari air tidak mengeluh, justru panasnya sinar matahari dimanfaatkan air untuk terbang menguap

Begitulah seharusnya manusia, ketika kesulitan menghampiri maka jangan sampai kesulitan mengalahkanmu tapi buatlah kesulitan menjadi lonjakan kamu berjalan.

7. Jalani Hidup Apa Adanya


"Jadilah orang kreatif dengan memanfaatkan apa saja yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa"

menjalani hidup bukan bertanya "ada apanya?" tapi apa yang ada dimanfaatkan. Ketika kita berpikir "ada apanya?" maka dalam hal apapun akan mengalami kesulitan. Ada yang minta tolong bilang " ada apanya?, ada uangnya?" justru itu dapat merugikanmu.

Hidup apa adanya maka kau akan menjadi orang kreatif. Dan sudah banyak contoh bahwa orang sukses itu adalah orang kreatif, orang yang hidup apa adanya.

8. Hargai Waktu


"Seperti sebuah jam, aku tidak akan pernah mundur satu langkahpun".

1 detik, 2 detik, 3 detik. Kadang kita meremehkan waktu yang sedang berjalan dan terus melaju. Padahal tidak akan ada yang mengetahui keadaan kita 1 detik kedepan, 10 detik ke depan, 1 menit kedepan, apakah kita yakin kita masih ada di dunia ini?.

Waktu itu sangat berharga. Bahkan saking berharganya waktu, banyak orang yang ingin memundurkan waktu untuk satu detik saja namun itu mustahil terjadi. 

ketika kita menghargai waktu maka hidup kita akan menjadi berharga. Itulah yang perlu diingat soal waktu.


9. Ubah Pikiran Untuk Hidup Menjadi Lebih Baik


Pikiran itu unik sekali. Pikiran dapat menentukan bagaimana seseorang kedepannya. Contohnya jika kalian dicuekin saat dijalan oleh seseorang lalu kalian berpikir "Dia sekarang sombong, dipanggil namanya saja dia tidak melirik". 

jika kalian berpikir seperti itu apa yang akan kalian lakukan? mungkin kamu akan merasa marah kepada dia dan tidak akan menyahutnya lagi dan tidak ingin ngobrol lagi dengannya karena takut dicuekin lagi. Kamu akan membuat kamu jauh dengan orang orang karena pikiranmu yang begitu.

Tapi coba bagaimana jika kalian berpikir positif ketika memanggil teman dijalan lalu dicuekin? contoh " Mungkin dia tidak mendengarnya karena dijalan berisik dan dia tidak melirikku karena dia fokus pada jalan menghindari kecelakaan".

Apa yang akan kita lakukan? mungkin kita akan biasa-biasa saja dan kita nanti ingin memanggilnya lagi dan bertanya langsung kepadanya.

Dari hal itu kita mengetahui sangat pentingnya peran pikiran dalam kehidupan. ketika pikiran kita kurang baik maka cepatlah ubah menjadi lebih baik akan dalam hidup kita banyak menemukan hal baik.

10. Iklas Dalam Melakukan Segala Hal


Iklas bisa diartikan tulus. Ikhlas dalam melakukan sesuatu dengan artian mengerjakan dengan tulus tidak sambil marah, dengki, iri maka itulah ikhlas. Keikhlasan itu mudah dikatakan namun sebenarnya sulit juga dilakukan. Faktor terbesar sulitnya keikhlasan itu karena kita yang masih menyukai dunia.

Keikhlasan memudahkan kesuksesan seseorang dalam hidupnya. Contohnya ketika ada dua orang bekerja sebagai OB di suatu tempat yang satu orangnya bekerja dengan ikhlas. dia tidak pernah marah ketika disuruh membersihkan sesuatu dan yang satu lagi  kerjanya tidak ikhlas. Ketika disuruh membersihkan sesuatu dia kadang marah.

Orang yang ikhlas akan sering tersenyum karena ketulusan kerjanya dan hal itu dapat membuat atasan dan klien merasa nyaman akan kehadirannya sehingga memungkingkan naiknya jabatan. 

Sebaliknya orang yang marah akan sering terlihat cemberut dan tidak enak dilihat oleh atasan dan klien sehingga dapat mendatangkan masalah masalah baru. 

Sudah seharusnya kita kembali menanamkan keikhlasan dalam hal apapun, termasuk dalam membaca postingan ini yang panjang. Dalam setiap keikhlasan terdapat hikmah yang luar biasa.













0 komentar:

Post a Comment