Anak usia dini harus diajari wirausaha | ini manfaatnya

Baca Juga


Wirausaha merupakan aktifitas yang sangat banyak manfaatnya mulai dari aspek mandirinya, punya uang, optimisme, bertanggung jawab, dan bisa dilakukan mulai dari usia dini sampai tua. wirausaha dapat mendorong ekonomi negara. wirausaha dapat juga memperbaiki ekonomi orang banyak. dengan menjadi seorang wirausaha yang jujur maka akan mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri dan kehidupan orang banyak, Masyaallah.

Banyak sekali jenis wirausaha mulai dari yang ringan sampai yang berat, tapi sahabat foraca ingin sekali memberikan saran kepada orang tua khusus kepada diri saya sendiri untuk bisa mengajak anak anak untuk berwirausaha.

Menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini kepada anak memiliki manfaat yang sangat banyak dibandingkan belajar berwirausaha ketika sudah remaja. Beberapa manfaatnya yaitu :

  • Mudah untuk diajari
Mengajari anak supaya mempunyai jiwa enterpreinership cukup mudah dari pada mengajarkannya kepada remaja dan orang tua. Hal itu disebabkan karena anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang cukup besar, Sehingga menjadikan motivasi seorang anak lebih besar. Anak-anak yang di ajarkan wirausaha dari kecil lalu sudah terbiasa berwirausaha maka sudah besar dia akan mudah berwirausaha tanpa rasa risau seperti kebanyakan temannya seperri malu.

baca juga :

  1. Hal aneh ini hanya dapat dilakukan oleh sahabatmu
  2. ini makna hidup
  • Menjadikannya nanti seorang yang kuat
Saat masih kecil, optimisme masih sangat besar. Anak kecil sebagian besar selalu berpikir positif atas semua kejadian. Kadang mereka di panggil tidak punya rasa takut "budak letikmah euweuh kasieun". Dan tugas dari orang tua, kakak atau keluarga itu adalah mempertahankan pikiran optimisnya itu yang penuh dengan imajinasi. Jadi ketika anak ditanamkan jiwa kewirausahaan, maka akan menjadi menjadikan dia orang yang tangguh yang selalu berusaha.
  • Mempunyai kemampuan membuat semangat temannya.
Ini adalah sesuatu hal yang unik. Seorang yang sudah terbiasa wirausaha apalagi dari kecil lalu mempunyai jiwa entrepreineur maka kata-katanyapun akan membangun, sehingga dapat membuat semangat temannya bersinar. Menanamkan kewirausahaan sejak dini dapat membangun anak berkarakter pemimpin dan kemungkinan besar mengguncang dunia.


Oleh sebab itu orang tua harus bisa menanamkan kewirausahaan anak sejak dini, ketika masih dalam usia pertumbuhan anak. Karena mengajarkan berwirausaha saat anak-anak akan lebih mudah dan akan menjadikan ia dihari besarnya orang yang selalu berusaha.

Peran seorang ibu sangat penting untuk mengajarkan jiwa kewirausahaan sejak dini. Contohnya sifat ibu yang mandiri, biasanya anak mencontoh kepada sifat dari orangtuanya khususnya Ibu. Cara ibu menyikapi suatu masalah akan menjadi video rekaman yang terekam dalam memory sang anak. jadi ketika sang ibu sering mengeluh maka kemungkinan besar juga anaknya akan sering mengeluh. begitupula sebaliknya, ketika sang ibu menghadapi masalah dengan sabar maka anaknya kemungkinan merekam sikap ibunya yang sabar. Dengan mencontohkan yang baik, maka akan berdampak baik bagi si anak ke depannya.

Jika menemui kegagalan, orangtua tentunya harus mendorong rasa kepercayaan diri anak agar terus berani mencoba hal baru dan tidak takut gagal.

Selain itu jangan lupa untuk mengajari anak menabung. Karena dengan menabung bisa menjadi bekal awal untuk usaha. Dan  dengan  belajar menabung (menyisihkan uang) dapat membantu sang anak dalam cara mengelola ekonominya, memanajemen keuangannya.


Kebanyakan anak memiliki banyak kemauan berwirausaha sejak dini. Namun, mereka bingung harus mulai dari mananya. Maka dari itu peran kita juga harus menuntun langkah mereka dari awal agar berjalan baik.


Bagai mana caranya??

Saya ada contoh dari pemimpin kita rasulullah beliau dari kecil sudah diajarkan berwirausaha yaitu berdagang. Selain dari berdagang beliau juga mengurus peternakan contohnya kambing. Berarti kita harus bisa memberikan hewan peliharaan contohnya kucing,kelinci,yah kalau bisa sekalian sapi juga gk papah.

Kalian tahu, begitu banyaknya manfaat beternak untuk anak anak, baca artikelnya

Artikel lainya

- Begini cara memulai usaha !

-Ingin menabung tapi selalu terpakai | ini | tips nya.

-Generasi muda jangan hanya menjadi konsumtif saja | ini tips nya

0 komentar:

Post a Comment