Bangun karakter anda sekarang juga | ini caranya


Bekerja dengan modal kepintaran saja tidaklah cukup. Hidup harus diimbangu dengan kreativitas tinggi untuk membangun suatu karakter yang dapat membedakan anda dengan orang lain.

Membangun karakter tentu tidak mudah karena pengaruh dari lingkungan sekitar sehingga akan mengubah sifat dan kebiasaan anda sehari hari.

Baca juga



☆ Kenali dulu diri sendiri

Mengenal diri sendiri terlihat sangat mudah. Namun buktinya tidak demikian. Mengenal diri sendiri umumnya terasa lebih sulit dari pada mengenal orang lain.

Coba, jkka anda terlalu sibuk dengan memikirkan oranglain, anda tidak punya waktu untuk memikirkan diri sendiri. Akibatnya anda masih disini dan orang lain sudah jauh disana.

☆ Berhentilah memikirkan orang lainContohnya memikirkan pacar. Iyah pacar karena jaman sekarang banyak generasi muda yang menyimpang karena pacaran, dan bersyukurlah kalian yang tidak pacaran karena anda adalah calon orang orang sukses, kenapa begitu ?? Nih baca (Pacaran melelahkan)

☆ Fokuslah membangun diri sendiri Luangkan waktu untuk merenung kepada Allah SWT dan bicara kepada diri sendiri untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan anda.

Dengan demikian, anda dapat fokus memaksimalkan kelebihan tersebut dalam membangun karakter anda. Dan jika kalian susaha untuk mengetahui anda harus bagaimana. Saya sarankan untuk mempunyai sahabat ini adalah cara sederhana tapi sangat berpengaruh pada diri anda sendiri karena sahabat bisa mengetahui diri anda.
Gak percaya?? Nih baca (☆Manfaat punya sahabat)



☆ Bahagiakan diri sendiri

Jika anda ingin menjadi yang terbaik, tunjukan dengan cara positif, seperti mengubah cara berbicara, berpakaian, dan kelakuan. Itu adalah hal yang paling dasar untuk mengubah karakter anda. Disamping itu perbanyak membaca buku untuk menemukan banyaknya sisi positif untuk dilakukan untuk dilakukan oleh diri anda dan supaya mengembangkanya agar anda merasa lebih bahagia sebab suatu kesuksesan adalah kebahagian yang bukan harta semata.

Jangan ragu juga untuk menjadi sosok yang berbeda karena perbedaan ini menjadikan diri anda unik, asalkan masih dalam jalur yang positif.

Artikel terkait

Arah hidup Generasi muda sekarang | ini ulasanya



Masih banyak generasi muda indonesia yang belum mampu menentukan arah hidupnya.

Aset terbesar negara adalah generasi muda karena kita sebagai agen perubahan masa depan. Baik buruknya suatu negara dapat dilihat dari pemuda pemudinya apabila negara tidak dapat mendidik generasi muda pasti akan menjadi benalu dimasa depan. Maka dari itu kita ingin maju untu generasi yang berkarya.

Perkembangan teknologi seperti internet dan media sosial seharusnya lebih memudahkan generasi muda dalam memperoleh referensi karir dan masa depan.

Baca juga:
Ingin menabung tapi selalu terpakai | ini tips nya
Suka travel tapi selalu mabuk di jalan | ini tips nya

Jaman sekarang, orang orang malah banyak yang kebingungan menentukan kesuksesanya. Harusnya, kuta lebih terbuka untuk mengerjakan sesuatu dengan teknologi sekarang karena sangat mudah untuk digunakan dan di jalankan.

Peranan generasi muda sangat berpengaruh bagi bangsa karena generasi muda adalah otaknya. Harapanya untuk meningkatkan kebutuhan bangsa.

Contohnya:

1. Kesehatan
Semakin buruknya kesehatan akan mengakibatkan runtuhnya bangsa. Oleh sebab itu generasi muda lah yang bisa mengerjakanya supaya kesehatan itu kembali normal.

2. Keuangan
Dinegara tercinta indonesia krisis uang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Apakah generasi muda akan terus diam?? Jangan lah

Ayoo kitabangkitkan NKRI kita dengan cara perbanyak peluang usaha.

Baca juga

3. Kerisuhan
Apa sih untungnya kerisuhan??
Banyak jaman sekarang generasi muda yang tawuran antar sekolah, antar geng, antar klub. Mungkin hasilnya akan mengakibatkan sakit sakit, sarana lingkungan, kematian.


Harusnya generasi muda itu sebaliknya, mendapatkan ketenangan, kedamaian, keindahan, sehingga indonesia akan dilihat oleh negara lain bahwa indonesia itu ramah, repeh, rapih (kata orang sunda mah).

 Generasi muda memegan peranan penting dalam kemajuan sebuah bangsa. Termasuk indonesia yang memiliki jumlah terbesar keempat didunia, dan memilikijumlah generaai muda yang juga besar.

Hanya generasi yang bisa menghadapi perkembangan teknologi yang bergerak sangat cepat seperti saat ini

Artikel terkait:
Usaha kreatif untuk generasi muda | ini tips nya
Generasi muda jangan hanya menjadi konsumtif | ini tips nya

Jangan sampai lulus SMA tidak punya kenangan berharga | ini tips nya



Banyak alumni yang lulus sekolah sma yang mengatakan bahwa  "saya rugi sekolah karena tidak mempunyai kenangan yang sangat berharga". Nah mungkin dari sini juga pasti kalian akan berpikir tidak ingin seperti alumni alumni yang tidak mempunyai kenangan berharga diwaktu sekolah nya, termasuk saya juga. Karena kenangan itu tidak akan datang dua kali kesempatan.

  Nah makanya saya akan membuat artikel ini supaya kita semua yang belum lulus sekolah bisa memiliki kenangan yang sangat berharga diwaktu masih sekolah.

Banyak sekali yang bisa dilakukan untuk membuat kenangan berhaga itu, tapi saya memberikan sebagiannya saja. Karena bagian ini sudah saya lakukan, dan mungkin yang belum dilakukan juga saya akan beritahu.

Tips ini saya berikan mulai dari yang ringan ringan sampai yang sulit juga insyaallah saya akan beri tahukan. Maaf saya mulainya dari yang sulit, tapi ini yang harus kalian ketahui terlebih dahulu.

Cara ini sudah saya lakukan dan sudah saya simple kan supaya kalian mudah untuk melakukanya.

Yuu mari kita lihat, pikirkan dan lakukan. Berikut caranya :

¤ Membuat Organisasi diluar Sekolah

  Mungkin hal ini sangat sulit untuk kalian lakukan dan sangat jarang dilakukan oleh siswa, karena organisasi merupakan sistem yang sangat rumit, yaa contohnya mulai dari merekrut anggota, berpikir umum, harus mempunyai optimisme, dan hal paling rumitnya yaitu mengelola mau apa, untuk apa membuat organisasi.

Tapi, kalian jangan pernah memikirkan hal itu, karena jika kalian berpikir begitu maka, kalian gagal untuk membuat organisai, solusi saya adalah cari dulu orang yang kalian sebut sebagai sahabat, awassss jangan salah, teman dan sahabat sangat berbeda jauh sekali. yaaaa perbedaanya yaitu kalau :

"teman, butuh mendekat, tak butuh menjauh"
kalau sahabat beda lagi.
" susah, senang, miskin, kaya akan sama sama "

kalau ingin tahu lebih jelas mengnai sahabat

Baca ini :
Ciri sahabat sejati | wajib bacanya!

Tapi ini sangat sangat bermanfaat sekali untuk jaman sekarang, kenapa??
Karena jika kita memikirkan kesuksesan sendiri akan sangat rumit melakukanya, asli karena saya sudah mencobnya

Kalian gak percaya?? Buktikan sendiri!!


                 ¤ membuat vlog ¤

   Perkembangan internet, media sosial, youtube menjadikan lebih mudah untuk menyimpan momen momen kita yang sangat berharga itu.

  Membuat video video adalah hal paling gampang dilakukan karena cara ini tidak harus menyusun skenario ( tapi lebih baik membuatnya), cukup satu orang dikelas untuk me nge shot keseharian saat disekolah, dikelas, dll.

Dan jika ingin lebih berharga, yang merekam nya jangan sampai ketahuan oleh yang lain, jadi kalau bahasa sekarang mah disebut CANDID sehingga pas kalian sudah menjadi alumni kenangan itu ril kehidupan sekolah yng asli , sehingga terasa banget saat masih sekolah.

  Lalu kalau ingin lebih mantap yaaaa edit dlu nahhh baru kalian upload ke medsos yaa contohnya ke youtube buat chanel nya atau ke instagram, facebook, dan lain lain. Mudah bukan!!

Baca juga :
Generasi muda jangan hanya menjadu konsumtif | ini tips nya

Cara mudah memulai usaha | ini tips nya


       ¤ Hunting (fotbar)

   Siapa bilang membuat video doang yang gampang, fotbar juga hal yang paling banyak di internet. Tapi kalau fotbar ada resiko yang kalian taklukan yaitu "mengajak".

  Kalian mungkin suka menemukan orang yang sangat anti untuk berfoto alasanya mungkin malu lah, bosen, orang yang pendiam, atau mungkin orang yang tidak suka kamu wkwkwk mungkiinnn!!

nah kalian harus bisa membuat kata kata yang bisa orang sangat ingin fotbar yaaa kata kata nya contohnya seperti "kita kan bentar lagi mau berpisah, jauh dan inikan momen yang tidak mungkin dua kali ada lagi, jadi untuk itu kita buat fotbar supaya ada kenangan berharga" . Tapi kalau kalian ada yang lain cobalahhh.

   

         ¤ membuat film ¤
 Dalam tahap awal tadi yang dijelaskan bahwa jika kita ingin sukses maka buatlah organisasi,

  Nah itu berpengaruh dengan ingin melakukan pembuatan film.
Kenapa sih harus buat film

Hey kalau kita tujuanya untuk kenangan doang belum cukup, lebih dari cukup nya itu membuat film,
Maksudnya film apa??
Film yang bisa membuat orang ter inspirasi, termotivasi, terhibur, jan lebih baguss.

Jngan kalian kira membuat film itu sangat rumit!! Ternyata kenyataanya gampang sekali. Kenapa saya sebut gampang, karena saya mencobanya.

Bagai mana caranya?? Manfaatkan teknologi yang ada, jaman sekarang teknologi melesat sangat canggih sekali bahakan bisa melebihi pengetahuan manusia, dan jangan memikitkan yang tidak ada, jangan memikirkan yang mahal, saya membuat film pertama kali memakai teknologi hany hand phone, itu jelas sangat sederhana, yang terpenting kita harus optimis, punya sahabat, punya kreatifitas

Kendalanya mungkin untuk membuat film, susah cari skenario ceritanya, artis ny, modalnya.

Eitss jangan berpikiran begitu ya, itu masalh akan terselesaikan jika berpikir optimis, kreatif dan ingin sukses, caranya?? Buka internet cari tahu seluk beluk membuat film pendek, banyak sekali yang memberikan tutorialnya.



  ¤ membuat buku ¤

Pasti kalian bingung setelah membaca judul membuat buku, ya iya lah karena orang indoneia krbanyakan hanya konsumtif saja. Nah disinilah kesempatan anda untuk bisa sukses setelah keluar sekolah , kenapa?? Karena ini adalah peluang besar kita karena sedikit orang yang bisa membuat buku. Heyy optimis lah kamu untuk hidup, jangan melihat kendala kendala dalam hidup ini, cari bagai mana kamu bisa mencapai tujuan ini mungkin saya merasakan itu sebelum nya tapi kali ini sudah ketemu jalanya, pengen tahu? Ya pasti lah. Caranya kalian cuman cari sahabat, cari sahabat atau bisa dibilang pendukung,  backing, body gard yang bisa kalian menjadi optimis yang bisa menjadikan kalian ringan dalam masalah,

Bagai mana sih caranya membuat buku??

Kalian kan masih sekolah, gunakan sekolah mu itu sebagai alat perangmu dalam mencapai tujuan, cari guru Yang bisa membantumu mrmbuat buku, jika kalian sudah buat sama sama dengan sahabatmu sehingga membuat buku itu lancar, gampang dan membuat hasil yang memuaskan.

Buku itu kan untuk di baca jadi kalian buat buku yang bisa bermanfaat bagi semua orang, bisa kalian cari contoh contoh nya di internet.

 Dan itulah tips sederhana dan mungkin sebenarnya masih banyak lagi untuk membuat kita sekolah menjadi tidak sia sia.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya Sahabat Foraca khususnya bagi saya sendiri karen saya juga masih dalam tahap pembelajaran, yo kita sama sama menjadi orang orang yang sukses dunia dan akhirat. Aamiin



Artikel terkait :

Sukses dengan sahabat | ini tips nya

Pelajaran berharga dari masalah | ini hasilnya

Ingin menabung tapi selalu terpakai | ini tips nya

Anak usia dini harus diajari wirausaha | ini manfaatnya


Wirausaha merupakan aktifitas yang sangat banyak manfaatnya mulai dari aspek mandirinya, punya uang, optimisme, bertanggung jawab, dan bisa dilakukan mulai dari usia dini sampai tua. wirausaha dapat mendorong ekonomi negara. wirausaha dapat juga memperbaiki ekonomi orang banyak. dengan menjadi seorang wirausaha yang jujur maka akan mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri dan kehidupan orang banyak, Masyaallah.

Banyak sekali jenis wirausaha mulai dari yang ringan sampai yang berat, tapi sahabat foraca ingin sekali memberikan saran kepada orang tua khusus kepada diri saya sendiri untuk bisa mengajak anak anak untuk berwirausaha.

Menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini kepada anak memiliki manfaat yang sangat banyak dibandingkan belajar berwirausaha ketika sudah remaja. Beberapa manfaatnya yaitu :

  • Mudah untuk diajari
Mengajari anak supaya mempunyai jiwa enterpreinership cukup mudah dari pada mengajarkannya kepada remaja dan orang tua. Hal itu disebabkan karena anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang cukup besar, Sehingga menjadikan motivasi seorang anak lebih besar. Anak-anak yang di ajarkan wirausaha dari kecil lalu sudah terbiasa berwirausaha maka sudah besar dia akan mudah berwirausaha tanpa rasa risau seperti kebanyakan temannya seperri malu.

baca juga :

  1. Hal aneh ini hanya dapat dilakukan oleh sahabatmu
  2. ini makna hidup
  • Menjadikannya nanti seorang yang kuat
Saat masih kecil, optimisme masih sangat besar. Anak kecil sebagian besar selalu berpikir positif atas semua kejadian. Kadang mereka di panggil tidak punya rasa takut "budak letikmah euweuh kasieun". Dan tugas dari orang tua, kakak atau keluarga itu adalah mempertahankan pikiran optimisnya itu yang penuh dengan imajinasi. Jadi ketika anak ditanamkan jiwa kewirausahaan, maka akan menjadi menjadikan dia orang yang tangguh yang selalu berusaha.
  • Mempunyai kemampuan membuat semangat temannya.
Ini adalah sesuatu hal yang unik. Seorang yang sudah terbiasa wirausaha apalagi dari kecil lalu mempunyai jiwa entrepreineur maka kata-katanyapun akan membangun, sehingga dapat membuat semangat temannya bersinar. Menanamkan kewirausahaan sejak dini dapat membangun anak berkarakter pemimpin dan kemungkinan besar mengguncang dunia.


Oleh sebab itu orang tua harus bisa menanamkan kewirausahaan anak sejak dini, ketika masih dalam usia pertumbuhan anak. Karena mengajarkan berwirausaha saat anak-anak akan lebih mudah dan akan menjadikan ia dihari besarnya orang yang selalu berusaha.

Peran seorang ibu sangat penting untuk mengajarkan jiwa kewirausahaan sejak dini. Contohnya sifat ibu yang mandiri, biasanya anak mencontoh kepada sifat dari orangtuanya khususnya Ibu. Cara ibu menyikapi suatu masalah akan menjadi video rekaman yang terekam dalam memory sang anak. jadi ketika sang ibu sering mengeluh maka kemungkinan besar juga anaknya akan sering mengeluh. begitupula sebaliknya, ketika sang ibu menghadapi masalah dengan sabar maka anaknya kemungkinan merekam sikap ibunya yang sabar. Dengan mencontohkan yang baik, maka akan berdampak baik bagi si anak ke depannya.

Jika menemui kegagalan, orangtua tentunya harus mendorong rasa kepercayaan diri anak agar terus berani mencoba hal baru dan tidak takut gagal.

Selain itu jangan lupa untuk mengajari anak menabung. Karena dengan menabung bisa menjadi bekal awal untuk usaha. Dan  dengan  belajar menabung (menyisihkan uang) dapat membantu sang anak dalam cara mengelola ekonominya, memanajemen keuangannya.


Kebanyakan anak memiliki banyak kemauan berwirausaha sejak dini. Namun, mereka bingung harus mulai dari mananya. Maka dari itu peran kita juga harus menuntun langkah mereka dari awal agar berjalan baik.


Bagai mana caranya??

Saya ada contoh dari pemimpin kita rasulullah beliau dari kecil sudah diajarkan berwirausaha yaitu berdagang. Selain dari berdagang beliau juga mengurus peternakan contohnya kambing. Berarti kita harus bisa memberikan hewan peliharaan contohnya kucing,kelinci,yah kalau bisa sekalian sapi juga gk papah.

Kalian tahu, begitu banyaknya manfaat beternak untuk anak anak, baca artikelnya

Artikel lainya

- Begini cara memulai usaha !

-Ingin menabung tapi selalu terpakai | ini | tips nya.

-Generasi muda jangan hanya menjadi konsumtif saja | ini tips nya

Generasi muda jangan hanya menjadi konsumtif | ini tips nya

   
 generasi muda Indonesia jangan hanya konsumtif kawan, tapi harus hijrah sebagai generasi muda yang produktif. Kita bisa kok, siapa yang bilang gak bisa? Bangsa kita bisa Gan, ayoo kita buktikan.

  Indonesia memerlukan lebih banyak pengusaha. Terlebih, dengan semakin banyak lahirnya wirausahawan akan semakin banyak juga usaha yang tecipta. Pada akhirnya, usaha-usaha baru tersebut akan menyerap banyak tenaga kerja.

  ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk melahirkan wirausahawan-wirausahawan muda di Indonesia.

 1. pendidikan entreupreneurship atau kewirausahaan harus ditingkatkan.


2. Cari peluang kesempatan untuk berbisnis, baik usaha sekala kecil maupun menengah, harus ditingkatkan pula.

3. generasi muda harus ditumbuhkan jiwa kreator dan produsennnya. Sehingga mereka jangan hanya jadi konsumen.

4. Buat usaha sendiri dengan bakat yang sudah kalian kuasai. Sehingga kalian mudah untuk memulainya.

5. Cari teman sejati untuk bisa mendukungmu dari segi fisik harta maupun pikiran.

6. Cari tahu apa yang selalu dibutuhkan pembeli dan belum ada produknya, ciptakan oleh kalian.

Kalau kalian bingung, nih RACA akan membagikan contohnya (Usaha anda susah dimulai? | ini tips nya)

 salah satu yang bisa dikembangkan dengan apa yang dibutuhkan oleh seorang  Muslim Indonesia. contoh membuat pernikahan dengan tema islami, atau membuat busana muslim.

Nah,, menurut anda bagaimana??. apakah anda sedang memikirkan sesuatu yang akan membangkitkan jiwa wirausaha anda, ayoo kita buktikan bersama sama sehingga indonesia akan bangkit dari kemiskinan.

Artikel lainya:

☆ingin menabung tapi uangnya selalu terpakai | ini tips nya☆

Suka jalan jalan tapi di mabuk perjalanan | ini tips nya