Yakin Masih Mau Bergadang ?


foraca

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.


Saya Aisyah, ya nama yang selalu saya banggakan, entahlah ketika saya menyebut atau mendengar nama Aisyah hati saya selalu terasa nyaman. Sahabat Foraca dimana pun anda membaca artikel saya ini saya harap sahabat selalu mengingat Allah SWT. Karna dengan kehendaknyalah saya bisa menulis artikel ini dan sahabat dapat menikmatinya dengan penglihatan (mata) yang Allah berikan.

Baik, sahabat Foraca kali ini mungkin saya akan membahas mengenai ‘Begadang’ ya begadang bisa kita definisikan dengan banyak definsi dari berbagai pendapat masing masing diri bukan? Menurut saya sendiri begadang merupakan kegiatan malam untuk menghabiskan waktu tidurnya dengan melakukan suatu hal yang bisa ia anggap penting.

baca juga :



Simplenya Waktu tidur yang di gunakan untuk beraktifitas. oh iya sahabat pernah mendengar lagu bang haji rhoma irama, tentang begadang? “Begadang jangan begadang….kalau tiada artinya, begadang boleh sajaaaah asal ada artinya” nah disitu saya berpikir tentang begadang yang sering dilakukan oleh umat manusia. Memang ada benarnya juga mengenai beberapa lirik lagu yang di syairkan oleh bang haji di lagu tersebut, begadang sih boleh aja ya, tapi harus ada gunanya atau faedah nya, baik untuk diri sendiri maupun untuk lingkungan sekitar.

Sahabat foraca, saya pernah membaca surah an- Naba tentang bagaimana Allah menciptakan siang dan malam untuk umat manusia, sahabat bisa lihat di qur’an surah an- naba ayat 9-11
                                                                 وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا (9) وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ لِبَاسًا (10) وَجَعَلْنَا النَّهَارَ مَعَاشًا 

artinya: "dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat (9), dan kami jadikan malam sebagai pakaian (10) dan kami jadikan siang untuk mencari penghidupan (11)".(Q.S an-naba ayat 9-11).

Nah dari 3 ayat tersebut kita bisa lihat bahwa Allah jadikan tidur kita untuk istirahat, karna malam sebagai pakaian kita dan siang untuk kita mencari penghidupan, itu merupakan salah satu surat cinta yang Allah berikan untuk hambanya.cinta dimana sang khaliq atur waktu untuk hambanya agar hambanya selalu mampu bertadzakaru pada Allah sang maha pengatur.

Sahabat foraca, begadang sendiri bisa kita bagi menjadi 2 jenis yaitu :

1. Begadang terpaksa



Begadang terpaksa, kata paksa disini diartikan sebagai ketidak inginan yang Tidak Disengaja. Maksudnya, begadang yang bisa dibilang terpaksa untuk dillakukan seperti begadang karna berjuang di jalan Allah, begadang karna pekerjaan, begadang karna belajar, begadang karna penyakit yang di derita seperti insomnia atau yang lainnya dan masih banyak lagi.



2. Begadang tersengaja
foraca


Begadang tersengaja, kata tersengaja disini dapat diartikan sebagai ketidakinginan yang sengaja dilakukan. Maksudnya, begadang yang di landasi oleh hawa nafsu sendiri atau karna kegengsian diri pada lingkungan yang di hadapinya seperti begadang karna ingin bermain game sepuasnya, begadang karna ingin memenuhi keinginan diri, begadang karna gengsi jika tidak ikut begadang dan lain lain.



Sebenarnya jika sahabat begadang, bisa di katakan benar bisa juga di katakan salah tergantung dari niat dan hal yang dilakukan sahabat, sahabat bisa lihat jenis begadang mana yang sahabat lakukan, begadang dengan jenis nomor 1 atau nomor dua.

seperti hadist berikut:

Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam membenci tidur sebelum sholat ‘isya’ dan melakukan pembicaraan yang tidak berguna setelahnya” (HR. Bukhori No. 568, Muslim No. 237

Dari hadis tersebut bisa kita simpulkan bahwa Rasulullah saja lebih suka tidur di awal waktu, dan tidak banyak berbicara atau menghabiskan waktu yang tidak penting selepas sholat isya, itu dilakukan agar rasulullah dapat sholat malam yakni sholat tahajjud.

Apa sahabat pernah sholat tahajjud? Bagamana kabarnya saat ini? Lancar atau macet? Yuk kita sama sama aktifkan kembali sholat tahajjjudnya, kita amalkan semua ilmu ilmu yang didapat diri ini. Agar diri ini dapat slalu mengamalkan sunah sunah yang rasululllah anjurkan, agar gelar ahli sunnah menjadi gelar hidup kita. Aamiin

Nah dari pernyataan di atas mengenai begadang, apa yang sahabat simpulkan? Masih tetap kah sahabat begadang? Yakin? Saya harap sahabat mampu berusaha tidur di awal waktu ya… begadang sih boleh sahabat, asal ada artinya ya…

Sahabat foraca, agar masalah sahabat dapat sedikiit tersolusikan, saya punya beberapa ilmu mengenai waktu tidur yang seharusnya dan waktu bangun yang seharusnya, tapi pembahasan tersebut akan saya bahas di artikel yang selanjutnya, jadi, sahabat terus ikuti blog: foraca1.blogspot.com ya… insyaAllah akan saya beri judul...........penasaran tak? coming soon ya,,

Baik sahabat Foraca mungkin hanya itu yang dapat saya tulis, semoga tulisan ini dapat bermanfaat, bagi penulis maupun pembacanya. Aamiin

See you with letter next time….. friend….

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

baca juga :

0 komentar:

Post a Comment