ini Makna Hidup !



Makna Hidup 


Assalamu’alaikum WR.WB Sahabat Foraca. Nah di kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah pengetahuan mengenai “Makna Hidup”.

Apa sih makna hidup menurut teman – teman?. Nah, disini dikatakan hidup bukan Cuma bernapas dan hidup didunia ini juga memiliki tujuan ya kan? Hidup didunia bukan sekedar main – main loh pasti ada aturan. Disini, banyak orang yang salah mengartikan kita hidup di dunia ini untuk mencari bekal ke akhirat nanti. Kebanyakan orang berfoya – foya dengan fasilitas di bumi bahkan dengan seiring berjalannya zaman dan kemajuannya teknologi membuat kita lupa akan aturan bahkan terkadang secara tak sadar kita melakukan sesuatu tanpa menilai benar atau salah hanya untuk mendapatkan kesenangan hidup.

Arti hidup menurut islam diantaranya:

Hidup adalah Ibadah

Pastinya segala sesuatu yang kita lakukan harus bernilai ibadah kan ! karena keehadiran kita di dunia ini tidak hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Dikatakan ibadah bukan hanya sholat, zakat, puasa, haji dll. Tapi kegiatan kita sehari-hari selama kita hidup dikatakan ibadah selama apa yang kita lakukan bernilai positif dan dengan niat beribadah.

Ketika hidup di dunia ingin mndapatkan kesenangan niatkan dengan ibadah. Seperti halnya sholat kemudian kita berdo’a dengan ikhlas dan niat yang benar maka kesenangan dunia sekaligus akhirat inshaaAllah kita dapatkan.

Hidup adalah Ujian

Dalam hidup pasti kita sering mendapatkan berbagai macam ujian disinilah kita harus sabar . Allah akan menguji manusia melalui berbagai macam hal seperti firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 155 berikut.

Surat Al-Baqarah Ayat 155

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ


Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS Al-Baqarah ayat 155).

Allah akan menguji manusia dengan:

  • Sedikit Ketakutan
foraca
ketakutan merupakan sumber kemunduran seseorang. Ketakutan juga sering disimbiolkan juga dengan kelemahan, karena orang yang merasa takut itu mudah untuk ditakuti hingga tekadnya melemah, hingga mentalnya bergetar. Namun hanya ada satu ketakutan yang membuat kita semakin kuat, membuat kita semakin bijak, membuat kita semakin tangguh menghadapi cobaan, yaitu takut kepada Allah SWT. Itulah ketakutan yang mesti ada dalam diri kita. Ketakutan yang lain mesti kita taklukan.
  • Kelaparan
Manusia diberi nafsu oleh Allah, salah satunya nafsu terhadap makanan. Cara mengetahui sifat manusia juga bisa kita lihat bagaimana dia mendapatkan makanan. Karena nafsu terhadap makanan merupakan kebutuhan pokok manusia untuk hidup. Allah menguji manusia agar tidak terlena dengan selalu menuruti perut kita. 
  • Kekurangan Harta, Jiwa, dan Buah-buahan
foraca

Tak aneh jika manusia banyak tergoda oleh harta. Harta seakan hal utama yang kita harus dapatkan didunia ini, seakan kita akan hidup selamanya. Allah menguji kita dari kekurangan harta agar kita dapat mensyukuri nikmat hidup kita nikmat harta kita walaupun serba kecukupan atau serba kekurangan. karena tak jarang banyak orang orang yang hartanya melimpah namun hidupnya juga tidak bahagia. 



Sahabat Foraca, ujian ujian dari Allah SWT sangatlah berguna. Seperti ujian di sekolah kita yang cukup berguna untuk tolak ukur kita sampai dimana kemampuan kita, dimana kekurangan kita dan dimana kita perlu memperbaiki kesalahan tentunya semua itu kita tahu setelah melawati ujian. ujian dari Allah pun begitu. Allah memberi kita pelajaran Sehingga dalam menghadapi ujian hidup kita harus menerima dengan sabar dan selalu bersyukur atas segala nikmat Allah SWT. Kita sama-sama merubah niat dan menjalankan hidup menjadi lebih baik lagi. Aamiin Yaa Robbal Alamin.

Baiklah teman-teman semoga apa yang telah teman teman baca dapat memotivasi dan menjadi lebih baik lagi khususnya bagi saya sendiri aamiin. 

wassalamu'alaikum WR WB.

0 komentar:

Post a Comment