Selamat datang sahabat Foraca

Semoga tulisan kami bermanfaat bagi kalian

Beragam artikel menarik

kami menulis artikel-artikel seputar remaja yang menarik

Menyajikan karya tulisan terbaik kami

tidak ada yang sempurna, kita di ciptakan untuk saling menyempurnakan

Terus berkarya ikuti irama zaman para remaja

Karya tidak akan kadaluarsa, maka mana karyamu?

game dunia

Hidup ini adalah permainan, jangan sampai di permainkan. kitalah yang harus jadi pemain.

Begini Cara Mudah Memulai Usaha !




Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Apa kabar sahabat Foraca? semoga sahabat Foraca slalu berada dalam sehat yang seutuhnya. Aamin

Sahabat, pernahkah anda berpikir ingin berwirausaha namun tidak punya modal uang sedikit pun? Pernah kah sahabat Foracamerasa bingung dengan keadaan keluarga yang sedang krisis dalam keuangan dan berpikir “ saat inilah posisi saya di butuhkan untuk membangun jembatan perekonomian keluarga “? Dari pertanyaan pertanyaan itulah saya haiva akan membahas mengenai ‘membangun wirausaha tanpa modal uang ‘

Sebelum sahabat Foraca membaca artikel buatan saya ini, yuk kita awali dengan membaca ‘Bismillahirrahmanirrahiim’.

Nah sahabat Foraca dimana pun anda berada, Allah pasti slalu ada untuk hambanya jadi yakinlah bahwa Allah pasti akan memberi jalan yang terbaik untuk hambanya
Baik, kita mulai yuk ke tahap strategi membangun wirausaha tanpa modal uang
1.      NIATKAN KARNA ALLAH SWT



Sahabat niat merupakan suatu hal yang sangat penting dimana niat inilah yang akan menjadi saksi nyata kita untuk bisa melangkah karna dengan niatlah semua yang kita lakukan akan berdasar pada niat.

2.      CARI PELUANG YANG STRATEGIS


Peluang? Yup peluang sendiri bisa kita lihat dilingkungan yang akan kita gunakan untuk berwirausaha, bisa kita lihat dari maraknya makanan yang sedang viral di daerah lain, atau bisa kita lihat dari cuaca yang sedang di alami saat ini. Contoh kecil nya yakni ketika menjual es yogurt saat cuaca sedang panas-panasnya. 

3.      PILIH KENALAN YANG SUDAH MEMILIKI WIRAUSAHA


Nah disini sahabat harus merenung, kira kira siapa yang bisa sahabat ajak kerja sama. Ditahap ini sahabat akan mulai membangun modal wirausaha dengan membantu menjualkan barang produksi milik kenalan yang sahabat foraca miliki. Strateginya sahabat harus bisa sedikitnya mengambil keuntungan dari setiap produk yang sahabat jual. Dengan begitu sahabat mampu menabung untuk modal awal dari setiap laba yang sahabat miliki, tanpa harus memiliki uang sendiri.

4.      MULAI BERWIRAUSAHA TANPA RASA TAKUT


Sebelum sahabat memulai berwirausaha pasti ada rasa rasa yang terbesit dalam diri sahabat sepert rasa takut tidak akan terjual, rasa malu untuk berjualan, rasa pesimis yang mengahantui. Ya semua rasa itu akan hadir pada seorang calon entrepreuneur sukses sahabat mugkin bisa saja semua calon entrepreuneuer merasakannya. Tapi saya yakin sahabat pasti bisa menghilangkan semua rasa rasa pesimis tersebut dengan cara yang sahabat miliki, saya yakin itu. Ketika seseorang sudah merasakan pesimis ketika akan melakukan sesuatu biasanya kepesimisannya slalu mendukung apa yang akan terjadi. Dan sebaliknya jadi jika sahabat berpikir baik dan menghadapinya dengan baik pasti semua itu akan terasa baik, percayalah.

5.      TERUS JALANI DENGAN RASA SYUKUR DAN CERDAS.


Sahabat, jika sahabat sudah mulai membangun jembatan kebahagiaan sahabat, jangan lupa untuk slalu bersyukur pada sang illahi karna dengan kehendaknyalah sahabat mampu melewati semua itu bukan? Dan teruslah jalani apa yang saat ini sudah membuat sahabat bangkit, dengan kecerdasan yaa. Kecerdasan sahabat sangat dibutuhkan untuk terus memperkokoh bangunan kebahagiaan yang sahabat bangun, ketahuilah.

Nah mungkin itulah beberapa strategi yang dapat saya bagikan untuk sahabat yang mungkin bisa saja membutuhkannya saat ini ataupun nanti yaaa.
Oh iya sahabat jangan lupa terus ikuti blog: Foraca

semoga di akhir blog ini bukan menjadi akhir kita untuk terus saling mengingatkan dengan kesabaran dan saling mengajak dalam kebaikan. Aamiin
sebelum sahabat mengakhiri membaca artikel ini, yuk kita tutup dengan alhamdulillah.

See you later next artikel yaaa. Hatur nuhun…. J

Wassalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh.


Baca ini | Jika kamu tidak mau dibilang gajah


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hai sahabat Foraca kali ini saya akan sedikit bercerita tentang menset yang selalu kita alami,
simak cerita berikut.

Menset Gajah - suatu ketika ada sang pawang gajah bercerita tentang bagaimana ia bisa membuat gajah itu bisa tunduk patuh dan tidak takut gajah akan melarikan diri. Padahal tali yang dipakaikan ke gajah hanyalah seutas cincin besi.

Baca juga:



  Sang pawang mengkisahkan pada waktu gajah ditangkap di hutan,itu ngamuk gak ketulungan sang pawang langsung menembaknya pake tembakan bius.udah pingsan dikat tuh kaki gajah pake cincin besi dengan rantai baja yang kuat. Wahh itu ngamuknya dibiarin selama seminggu ga dikasih makan sama pawang nya sampai gajah itu diam,habis tenaga

Setelah itu,pawangnya bawa rumput disuruh bangun, gajah itu bangun karena sudah sebulan dia gak di kasih makan,gajan itu bangun pas dia berdiri, pawang itu mundur menjauhi gajah sampai gajah itu jatuh karena kakinya di ikat dan terus berulang ulang sampai gajah itu tidak bisa berdiri lagi.

Kalau udah begitu,udah rantainya itu dilepas oleh pawangnya tetapi cincin besi yang dikakinya itu tidak dilepas,

Apa yang terjadi? Itu gajah tidak ngamuk lagi karna dianggapnya rantai itu masih dianggap akan menjatuhkanya lagi, di otaknya gajah itu dipikiranya ada rantai yang masih terikat atau nanti kalau saya ngamuk jatuh padahalkan rantai itu suda dilepas oleh pawangnya
Nah,begitu juga di menset anda ada rantai gajah. "Gak mungkin saya jadi orang kaya,gak mungkin saya jadi presiden" nah ada rantai gajah di otak anda itu,padahal gak ada,padahal anda bisa jadi orang orang kaya.
Sahabatku, banyak dari kita yang mungkin merasa ada seutas rantai baja yang sangat kuat membelenggu di diri kita. Mungkin saja rantai itu adalah kebodohan, kemiskinan, atau keadaan yang tidak mendukung dalam kehidupan kita.

Mungkin kita menganggap nasib sudah begini adanya. Tidak ada kata lain untuk bisa merubahnya.

Sahabat, bukankah Tuhan memberikan kita bekal yang sama didunia ini? ada karunia Tuhan yang sangat luar biasa ada pada diri kita. Namun, semua tergantung pada niat dan keteguhan hati apakah kita bisa merubah keadaan. Tentu!!

Baca juga:


Doa dan usaha itulah yang harus kita menset kan dalam diri kita

 Terimakasih teman teman semoga apa yang telah teman teman baca dapat termotivasi dan menjadi lebih baik lagi khusus nya bagi diri saya sendiri aamiin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Lelah Bila Berharap Kepada Orang Terus ! Berharapnya Kepada Siapa ?


Sahabat Foraca, semua orang pasti pernah berharap. Berharap merupakan kejadian yang kita inginkan dimasa yang akan datang (masa depan). Berharap kadang membuat hati kita berbunga-bunga, karena kita seakan menanti kejadian yang kita harapkan menjadi kenyataan. Pasti riang gitulah, apalagi harapannya kepadanya ya. Berharap juga ada beberapa macam, yaitu :


  • Berharap kepada diri sendiri 
Berharap kepada diri sendiri merupakan sebuah keputusan besar. Karena dengan berharap kepada diri sendiri otomatis kita perlahan akan berusaha mengubah, atau bertindak mendekati harapan kita. Contohnya bila salah seorang sebut saja Gusion berharap suatu
saat nanti dia ingin menjadi seorang polisi. Bila harapan dia besar maka otomatis dia akan berusaha menyesuaikan diri agar dapat menjadi polisi. 
Namun kekurangannya bila kita berharap kepada diri sendiri itu saat kita tidak dapat meraih harapan kita. Pasti perasaan kita akan down, pasti semangat kita akan melebur hancur. Dan yang apaling buruknya kita bisa-bisa membenci diri sendiri.

  • Berharap kepada orang lain
Berharap kepada orang lain kadang enak yakan?. Kita hanya tinggal mempercayai seseorang untuk melakukan apa yang sesuai dengan harapan kita. Contohnya ketika kita sedang berbicara maka kita berharap ada orang lain yang mendengarkan. Kalau gitu enak kan ? bila ada orang yang sesuai dengan harapan kita. 

Namun bila orang lain tidak sesuai dengan yang kita harapkan, pasti kita merasa kecewa, pasti kita sangat sedih sekali. Ketika kita sudah berharap orang lain akan mendukung ide kita dan membantu ide kita namun pada kenyataannya mereka cuek, tidak memperdulikan kita itu sangat menyakitkan bagi kita, dia yang mendukung di awal namun dia yang menhancurkannya di perjalanan. itulah kekurangan bila kita berharap kepada orang lain. Jadi berharap kepada orang lain pun bukan hal yang terbaik. Lalu kepada siapa kita berharap ?. 

  • Berharap kepada Yang Maha Tahu
 Apakah mungkin ini berharap yang terbaik ? itulah yang saya tanyakan dahulu kepada diri saya sendiri. Banyak orang yang mengatakan seperti itu. Apakah itu benar demikian, atau hanya perasaan saja ? mari kita buktikan.

Ketika kita berharap kepada Yang Maha Tahu, semuanya berakhir dengan gembira ko. Kadang kita harapannya A namun Yang Maha Tahu harapannya B. Itu menandakan bahwa harapan kita sendiri tidak baik bagi kita sendiri. Yang Maha Tahu pasti tahu yang terbaik bagi kita sedangkan kita tahunya apa coba ?. Ya udah mau gini mau gitu tinggal pasrah aja kepadanya, kita mah ikut aja jalannya ya. Nanti setelah beberapa lama baru kita merasakan manfaatnya bagi diri kita apa yang sudah di atur Yang Maha Tahu.

Jadi coba kita berharap sama Yang Maha Tahu, Dia gak akan memberi harapan palsu, Dia akan selalu peduli kepada kita memberi tahu jalan yang terbaik bagi kita ya. boleh jadi kita berharap sesuatu namun itu tidak baik bagi diri kita sendiri. 

baca juga :

  1. ini obat ampuh galau
  2. ini pelajaran berharga dari masalah
  3. begini cara mudah memulai usaha


Yakin Masih Mau Bergadang ?


foraca

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.


Saya Aisyah, ya nama yang selalu saya banggakan, entahlah ketika saya menyebut atau mendengar nama Aisyah hati saya selalu terasa nyaman. Sahabat Foraca dimana pun anda membaca artikel saya ini saya harap sahabat selalu mengingat Allah SWT. Karna dengan kehendaknyalah saya bisa menulis artikel ini dan sahabat dapat menikmatinya dengan penglihatan (mata) yang Allah berikan.

Baik, sahabat Foraca kali ini mungkin saya akan membahas mengenai ‘Begadang’ ya begadang bisa kita definisikan dengan banyak definsi dari berbagai pendapat masing masing diri bukan? Menurut saya sendiri begadang merupakan kegiatan malam untuk menghabiskan waktu tidurnya dengan melakukan suatu hal yang bisa ia anggap penting.

baca juga :



Simplenya Waktu tidur yang di gunakan untuk beraktifitas. oh iya sahabat pernah mendengar lagu bang haji rhoma irama, tentang begadang? “Begadang jangan begadang….kalau tiada artinya, begadang boleh sajaaaah asal ada artinya” nah disitu saya berpikir tentang begadang yang sering dilakukan oleh umat manusia. Memang ada benarnya juga mengenai beberapa lirik lagu yang di syairkan oleh bang haji di lagu tersebut, begadang sih boleh aja ya, tapi harus ada gunanya atau faedah nya, baik untuk diri sendiri maupun untuk lingkungan sekitar.

Sahabat foraca, saya pernah membaca surah an- Naba tentang bagaimana Allah menciptakan siang dan malam untuk umat manusia, sahabat bisa lihat di qur’an surah an- naba ayat 9-11
                                                                 وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا (9) وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ لِبَاسًا (10) وَجَعَلْنَا النَّهَارَ مَعَاشًا 

artinya: "dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat (9), dan kami jadikan malam sebagai pakaian (10) dan kami jadikan siang untuk mencari penghidupan (11)".(Q.S an-naba ayat 9-11).

Nah dari 3 ayat tersebut kita bisa lihat bahwa Allah jadikan tidur kita untuk istirahat, karna malam sebagai pakaian kita dan siang untuk kita mencari penghidupan, itu merupakan salah satu surat cinta yang Allah berikan untuk hambanya.cinta dimana sang khaliq atur waktu untuk hambanya agar hambanya selalu mampu bertadzakaru pada Allah sang maha pengatur.

Sahabat foraca, begadang sendiri bisa kita bagi menjadi 2 jenis yaitu :

1. Begadang terpaksa



Begadang terpaksa, kata paksa disini diartikan sebagai ketidak inginan yang Tidak Disengaja. Maksudnya, begadang yang bisa dibilang terpaksa untuk dillakukan seperti begadang karna berjuang di jalan Allah, begadang karna pekerjaan, begadang karna belajar, begadang karna penyakit yang di derita seperti insomnia atau yang lainnya dan masih banyak lagi.



2. Begadang tersengaja
foraca


Begadang tersengaja, kata tersengaja disini dapat diartikan sebagai ketidakinginan yang sengaja dilakukan. Maksudnya, begadang yang di landasi oleh hawa nafsu sendiri atau karna kegengsian diri pada lingkungan yang di hadapinya seperti begadang karna ingin bermain game sepuasnya, begadang karna ingin memenuhi keinginan diri, begadang karna gengsi jika tidak ikut begadang dan lain lain.



Sebenarnya jika sahabat begadang, bisa di katakan benar bisa juga di katakan salah tergantung dari niat dan hal yang dilakukan sahabat, sahabat bisa lihat jenis begadang mana yang sahabat lakukan, begadang dengan jenis nomor 1 atau nomor dua.

seperti hadist berikut:

Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam membenci tidur sebelum sholat ‘isya’ dan melakukan pembicaraan yang tidak berguna setelahnya” (HR. Bukhori No. 568, Muslim No. 237

Dari hadis tersebut bisa kita simpulkan bahwa Rasulullah saja lebih suka tidur di awal waktu, dan tidak banyak berbicara atau menghabiskan waktu yang tidak penting selepas sholat isya, itu dilakukan agar rasulullah dapat sholat malam yakni sholat tahajjud.

Apa sahabat pernah sholat tahajjud? Bagamana kabarnya saat ini? Lancar atau macet? Yuk kita sama sama aktifkan kembali sholat tahajjjudnya, kita amalkan semua ilmu ilmu yang didapat diri ini. Agar diri ini dapat slalu mengamalkan sunah sunah yang rasululllah anjurkan, agar gelar ahli sunnah menjadi gelar hidup kita. Aamiin

Nah dari pernyataan di atas mengenai begadang, apa yang sahabat simpulkan? Masih tetap kah sahabat begadang? Yakin? Saya harap sahabat mampu berusaha tidur di awal waktu ya… begadang sih boleh sahabat, asal ada artinya ya…

Sahabat foraca, agar masalah sahabat dapat sedikiit tersolusikan, saya punya beberapa ilmu mengenai waktu tidur yang seharusnya dan waktu bangun yang seharusnya, tapi pembahasan tersebut akan saya bahas di artikel yang selanjutnya, jadi, sahabat terus ikuti blog: foraca1.blogspot.com ya… insyaAllah akan saya beri judul...........penasaran tak? coming soon ya,,

Baik sahabat Foraca mungkin hanya itu yang dapat saya tulis, semoga tulisan ini dapat bermanfaat, bagi penulis maupun pembacanya. Aamiin

See you with letter next time….. friend….

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

baca juga :

Allah Like Orang yang Suka Berdoa

Allah  like orang yang suka berdoa

cek video singkat youtubenya di sini 
Assalamu'alaikum warahmatullahhi wabarakatuh. Sahabat Foraca, Tak diragukan lagi bahwa doa itu kekuatan aneh tapi nyata, magic dan unik karena saat kita berdoa kita memohon bukan kepada presiden, dan bukan kepada DPR. Namun saat kita berdoa, kita memohon kepada raja dari semua raja pemilik kerajaan terbesar langit dan bumi yang Maha Pengasih Maha penyayang. Pastilah bila kita curhat kepada yang maha tahu pasti kita akan dikasih tahu jalan yang terbaik.

foraca
baca juga :


seperti yang dikatakan ustad hanan attaki "jadi kalau ibrahim aja, Allah sayang banget kepada beliau karena suka berdoa. Berarti doa itu adalah ibadah. Dan Allah gak akan repot sama sekali kalau kita minta. Request kita sebanyak apapun ke Allah, gak repot sama sekali. jadi makin sering berdoa kita makin sering belajar gantung manja gitu ke Allah, dan emang seharusnya begitu ke Allah. Ya Allah saya ada ini, ya Allah saya ada itu. Terus aja setiap hari laporan ke Allah, dikit-dikit ngemension Allah, dikit dikt angkat tangan. Allah sayang banget sama hamba yang kayak gitu".

Apa yang dikatakan ustad hanan attaki memang benar. Kita mah apa atuh ya, kita mah gak bisa atuh kalau menghadapi masalah sendiri gitu. Kita selalu perlu sandaran yah, karena sandaran itu bikin nyaman yah, bikin tenang kan ?. Pasti nyaman sekali bila bersandar kepada yang Maha mengetahui. Kita tinggal pasrah berdoa kepadanya, kita tinggal berharap kepadanya. Dan insyallah jika kita berharap kepada yang Maha tahu pasti tidak akan mengecewakan kita.

Coba, bila berharap kepada manusia, gantungnya kepada manusia cape kan ?. Udah janji ini janji itu, ngomong ini ngomong itu tapi hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, Pasti banyak kecewa, udah aja mintanya sama Allah, berharapnya sama Allah aja, Allah tahu semua ko apa yang terbaik bagi kita . Tinggal kita curhat aja sama Allah ya, insyaallah kita bahagia.

download aja deh video singkatnya dibawah
"Allah like orang yang suka berdoa"
klik disini 


Semoga bermanfaat ya bagi sahabat foraca yang membacanya, sekian dari kami
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

baca juga :

ini Obat Ampuh Galau

foraca

Galau adalah keadaan dimana kondisi hati dan pikiran kita dalam kekacauan tidak karuan. Galau identik dengan kesedihan yang bisa terjadi akibat beberapa kejadian yang menimpa diri kita. Galau kadang membuat diri kita tidak bersemangat, lesu, dan seakan hidup ini hampa 

Perasaan Galau sangat mengganggu bagi yang merasakannya. Tak heran Jika ekpresi orang yang sedang galau terlihat seperti lemas sekali dan kadang aura yang terpancar dari wajahnya itu negatif dan kadang gampang marah bagi sebagian orang. Jika anda sedang sekarang sedang merasakan galau coba simak beberpa solusi berikut yang Insyaallah dapat menghilangkan kegalauan kalia.

baca juga :




1. Curhat kepada yang maha tahu
Sahabat foraca, yang pertama dan yang paling utama yaitu kita curhatkan kepada yang Maha tahu akan sesuatu hal termasuk masalah yang menimpa kepada kita. Kita ceritakan, keluarkan keluh kesah kita dan rasa galau kita "ya Robbi, hamba sedang merasa tidak tenang hati" "ya Ilahi, saya sedang sedih". Insyaallah semua rasa galau, rasa sedih akan hilang perlahan setelah kita memohon kepada yang Maha kuasa. Dan dengan petunjuknyalah kita dapat merasakan kebahagiaan lagi.

2. Kumpul/silaturahmi bersama sahabat
foraca
memang kebanyakan kita dibesarkan oleh orang tua/keluarga namun Terkadang manusia yang paling mengetahui tentang kita hanyalah sahabat kita sendiri. Sahabat kita lebih tahu tentang kita lebih baik dari pada keluarga. Meraka Tahu banyak akan kesukaan kita, ketidaksukaan kita dan apa yang dapat membuat kita bahagia. Mereka tahu itu dan sudah merupakan alasan jelas jika kita sedang merasakan galau, sedih kita lebih baik berkumpul dengan sahabat kita, datangi sahabat kita. Dan kadang canda tawa tidak disadari datang saat berbicara bersama sahabat. Ayo jika kita sedang galau cepat ambil hp mu dan chat sahabatmu katakan "kapan bertemu".

3. Melakukan aktifitas atau hobi anda
foraca
Semua orang mempunyai hobi yang beragam. Hobi merupakan kegiatan yang disukai. kegiatan yang disukai biasana menyenangkan bagi kita, begitu pun dengan hobi. Hobi merupakan salah satu pelarian dari kegalauwan yang kita rasakan. ketika kita melakukan hobi kita Insyaallah kita dapat mengurasi atau bahkan dapat menghilangkan galau dan sedih. Apalagi bila hobi kita sangat positif seperti membaca Al-Qur'an atau memberi jajan orang lain, euhh. Sahabat foraca, Segera pikirkan Hobi kalian  bila kalian sedang galau.

Nah itulah beberapa cara atau obat tentang mengobati rasa galau. Namaun masih banyak yang lainnya yang tak bisa saya tuliskan. untuk artikel selanjutnya boleh komen di bawah.

baca juga :




Cara Download Video Youtube

Cara download video youtube

Sahabat Foraca,kali ini kami akan memberikan kalian cara download video youtube, caranya gampang sekali.yu simak caranya dibawah:

1.buka google
foraca




     Buka google lalu search youtube

foraca
2.copy link
   Cari video yang ingin kalian download kemudian copy link nya
foraca

3.kalau sudah kalian copy linknya
4. langkah selanjutnya Buka link ini 
5.paste link tadi yang kamu copy ke kolom 

       Selesai.....  
Gampangkan 

ini Makna Hidup !



Makna Hidup 


Assalamu’alaikum WR.WB Sahabat Foraca. Nah di kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah pengetahuan mengenai “Makna Hidup”.

Apa sih makna hidup menurut teman – teman?. Nah, disini dikatakan hidup bukan Cuma bernapas dan hidup didunia ini juga memiliki tujuan ya kan? Hidup didunia bukan sekedar main – main loh pasti ada aturan. Disini, banyak orang yang salah mengartikan kita hidup di dunia ini untuk mencari bekal ke akhirat nanti. Kebanyakan orang berfoya – foya dengan fasilitas di bumi bahkan dengan seiring berjalannya zaman dan kemajuannya teknologi membuat kita lupa akan aturan bahkan terkadang secara tak sadar kita melakukan sesuatu tanpa menilai benar atau salah hanya untuk mendapatkan kesenangan hidup.

Arti hidup menurut islam diantaranya:

Hidup adalah Ibadah

Pastinya segala sesuatu yang kita lakukan harus bernilai ibadah kan ! karena keehadiran kita di dunia ini tidak hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Dikatakan ibadah bukan hanya sholat, zakat, puasa, haji dll. Tapi kegiatan kita sehari-hari selama kita hidup dikatakan ibadah selama apa yang kita lakukan bernilai positif dan dengan niat beribadah.

Ketika hidup di dunia ingin mndapatkan kesenangan niatkan dengan ibadah. Seperti halnya sholat kemudian kita berdo’a dengan ikhlas dan niat yang benar maka kesenangan dunia sekaligus akhirat inshaaAllah kita dapatkan.

Hidup adalah Ujian

Dalam hidup pasti kita sering mendapatkan berbagai macam ujian disinilah kita harus sabar . Allah akan menguji manusia melalui berbagai macam hal seperti firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 155 berikut.

Surat Al-Baqarah Ayat 155

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ


Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS Al-Baqarah ayat 155).

Allah akan menguji manusia dengan:

  • Sedikit Ketakutan
foraca
ketakutan merupakan sumber kemunduran seseorang. Ketakutan juga sering disimbiolkan juga dengan kelemahan, karena orang yang merasa takut itu mudah untuk ditakuti hingga tekadnya melemah, hingga mentalnya bergetar. Namun hanya ada satu ketakutan yang membuat kita semakin kuat, membuat kita semakin bijak, membuat kita semakin tangguh menghadapi cobaan, yaitu takut kepada Allah SWT. Itulah ketakutan yang mesti ada dalam diri kita. Ketakutan yang lain mesti kita taklukan.
  • Kelaparan
Manusia diberi nafsu oleh Allah, salah satunya nafsu terhadap makanan. Cara mengetahui sifat manusia juga bisa kita lihat bagaimana dia mendapatkan makanan. Karena nafsu terhadap makanan merupakan kebutuhan pokok manusia untuk hidup. Allah menguji manusia agar tidak terlena dengan selalu menuruti perut kita. 
  • Kekurangan Harta, Jiwa, dan Buah-buahan
foraca

Tak aneh jika manusia banyak tergoda oleh harta. Harta seakan hal utama yang kita harus dapatkan didunia ini, seakan kita akan hidup selamanya. Allah menguji kita dari kekurangan harta agar kita dapat mensyukuri nikmat hidup kita nikmat harta kita walaupun serba kecukupan atau serba kekurangan. karena tak jarang banyak orang orang yang hartanya melimpah namun hidupnya juga tidak bahagia. 



Sahabat Foraca, ujian ujian dari Allah SWT sangatlah berguna. Seperti ujian di sekolah kita yang cukup berguna untuk tolak ukur kita sampai dimana kemampuan kita, dimana kekurangan kita dan dimana kita perlu memperbaiki kesalahan tentunya semua itu kita tahu setelah melawati ujian. ujian dari Allah pun begitu. Allah memberi kita pelajaran Sehingga dalam menghadapi ujian hidup kita harus menerima dengan sabar dan selalu bersyukur atas segala nikmat Allah SWT. Kita sama-sama merubah niat dan menjalankan hidup menjadi lebih baik lagi. Aamiin Yaa Robbal Alamin.

Baiklah teman-teman semoga apa yang telah teman teman baca dapat memotivasi dan menjadi lebih baik lagi khususnya bagi saya sendiri aamiin. 

wassalamu'alaikum WR WB.