The Power of Do'a (Kekuatan Doa)

Assalamu'alaikum sahabat foraca, kali ini saya ( Auci ) dari foraca akan menulis tentang "The Power of Do'a" atau Kekuatan Do'a. Semoga tulisan ini dapat memotivasi sahabat Foraca sekalian. Aamiin.

Sahabat Foraca, tahu nggak apa sih do'a itu ? Do'a adalah ucapan, permintaan atau permohonan yang bersifat baik terhadap Allah SWT. Do'a seorang hamba kepada Allah menandakan bahwa kita ( hamba ) itu butuh banget sama Allah,ingat butuh banget! kenapa ? karena Allah Tuhan kita, pencipta sekaligus pemilik dan penguasa hidup kita.
     
Sahabat Foraca, ternyata do'a itu mempunyai efek yang sangat luar biasa bagi kehidupan kita lho ! sahabat Foraca  tentu selalu  berdo'a kan ? sehabis sholat, mau makan, mau belajar, mau tidur, saat susah, pokoknya seluruh aktivitas kita tak luput dari do'a, karena tiada lagi yang bisa kita lakukan setelah usaha selain berdo'a kepada Allah yang maha kuasa untuk menolong kita.
        
Kadang kita selalu menganggap remeh apa itu do'a ? . Padahal Nabi Muhammad Saw bersabda" Do'a adalah otak ibadah" ( HR. Tirmidzi ) . 
        
Nah, berarti kedudukkan do'a itu penting, iya kan ? Tapi kadang pada saat kita berdo'a kita takut bahwa do'a kita tidak akan di kabulkan oleh Allah. Kita malu, gak PD karena kita tuh banyak dosa, kita merasa Allah gak akan mengabulkan do'a kita.  Tapi disisi lain tiada lagi yang akan  menolong kita, dan menguatkan kita kecuali Allah SWT.
        
Sahabat Foraca tahukah kita  bahwa Allah menyuruh kita berdo'a kepada-nya ? Justru Allah suka kepada orang - orang yang rajin berdo'a, dalam Al - Qur'an Allah berfirman :
" Tuhanmu berfirman' Berdo'alah kepadaku niscaya akan aku perkenankan do'amu. Sesungguh orang - orang sombong tidak mau menyembahku akan masuk Jahanam dalam keadaan terhina."
( QS. Gafir [ 40 ] : 60 ).
Nah, disana Allah menyuruh kita berdo'a dan Allah berjanji akan mengabulkannya, kita harus yakin do'a kita akan dikabul. Harus ! mungkin dipercepat, diperlambat, atau ditangguhkan. Tapi kita harus tetap yakin Allah sudah janji akan mengabulkan, janji Allah itu pasti ! dan Allah tidak akan mengingkari janji - nya ! . Namun ada beberapa  faktor penyebab do'a kita tidak dikabulkan oleh Allah yang insya allah dilain waktu.
                               
Sahabat foraca ternyata ada kisahnya nih, tentang cepatnya pengabulan do'a oleh Allah agar kita semakin yakin. Ini kisah Auci sendiri lho !. Dulu waktu kelas 2 SMA, Aauci kalo berangkat sekolah itu "with the foot" atau "pejuang jalan" istilahnya. Waktu itu sudah siang, Auci jalan kaki dari rumah ke sekolah sendiri dengan jarak yang lumayan jauh. Pas di jalan turunan Auci berdo'a dalam hati "ya Allah sudah siang, saya ingin ada yang mengajak saya menawari tumpangan ke sekolah, jika boleh dan semoga orang yang menawari saya tumpangan bukan laki-laki!". Dan beberapa detik kemudian. " Cah!". Teman Auci Afifah namanya datang dan menawari Auci tumpangan. Terkabul! terkabul!, kata Auci dalam hati. Bukan main senangnya, tapi bukan senang karena dapat tebengan, tetapi Auci senang karena Allah dengan cepat mengabulkan do'a Auci meskipun dalam hati. Dari sana Auci tambah yakin bahwa Allah akan mengabulkan do'a hambanya.

foraca
Rasullullah SAW bersabda " maukah aku tunjukan pada kalian sesuatu yang dapat menyelamatkan  kalian dari musuh-musuh dan memudahkan turunnya rezeki bagi kalian! maka berdo'alah kalian pada Allah di waktu malam dan siang. karna doa itu sesungguhnya senjata orang-orang yang beriman.(HR.Abu ya'la).

Kata Rasulullah pun do'a itu senjata orang-orang yang beriman. Dengan do'a, umat muslim bisa mengalahkan orang kafir pada perang badar yang jumlahnya sangat tidak seimbang. Umat islam berjumlah 313 orang, sedang orang musrik berjumlah 1000 orang sungguh tidak adil. Namun, Allah mendengar do'a orang mu'min. Allah membantu umat islam untuk menang. kerenkan ?.

Allah SWT berfirman dalam Al-qur'an :
"Apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu tentang aku, jawablah bahwa aku dekat, aku kabulkan permohonan orang yang berdo'a jika ia berdoa kepadaku dan beriman kepadaku agar mereka memperoleh kebenaran". (Q.S Al-baqarah (2):186)

Jadi sahabat foraca, marilah kita berdo'a Minta kepada Allah, minta yang banyak karena Allah suka jika diminta.

Nabi muhammad SAW bersabda "mintalah anugrah kepada Allah, sesungguhnya Allah senang untuk diminta". (H.R Tirmidzi). Maka mintalah yang banyak, berdo'alah , karena Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa yang tidak berdoa kepada Allah. Maka Allah murka kepadanya."(H.R Tirmidzi). 

Karena itu sahabat Foraca, mari sama-sama kita yakini kekuatan do'a, do'a yang banyak! Allah senang untuk diminta. Allah tidak akan capek mendengar keluh kesah kita, malahan Allah sayang kepada hamba yang selalu banyak meminta (berdo'a), seakan-akan hamba itu sangat membutuhkan Allah dan hamba itu tidak bisa apa-apa tanpa Allah. sebaliknya Allah tidak suka orang yang tidak ataupun jarang berdoa kepada-nya, seakan-akan hamba itu sombong, lupa, dan tidak butuh bantuan Allah dalam hidupnya.

Maka dari itu sahabat foraca yang dirahmati Allah, mari kita kembangkan dan biasakan berdoa, curhatkan semua keinginan dan keluh kesahmu kepada Allah SWT. 

Keep spirit, keep istiqomah ! terima kasih sudah membaca tulisa Auci ini, tanpa mengurangi rasa hormat saya (Auci) pamit undur diri. 

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Kutipan hadist diambil dari buku : Do'a orang orang sukses karya Aam amirudin.




0 komentar:

Post a Comment